Monday, August 17, 2015

Tips Meredakan Sakit Perut Tanpa Obat



Banyak kegiatan sehari-hari yang dapat menimbukan sakit perut, seperti melakukan olahraga berat, posisi duduk yang salah, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam serta gaya hidup yang tidak sehat. Sakit perut biasanya mudah diatasi jika merupakan bukan gejala awal suatu penyakti kronis.

Namun tetap saja bila sakit perut ini berlangsung terus menrus dan berkepanjangan bisa jadi malah memicu iritasi dan peradangan pada usus. Sehingga perlu diperhatikan juga bila sakit perut ini tak terus menrus dan dibiarkan menjadi kronis bisa jadi memicu penyakit yang lebih buruk.

Telah banyak penelitan yang dilakukan untuk menemukan cara aman dan tanpa obat untuk meredakan sakit perut. Berikut beberapa tips kesehatan untuk perut yang bisa saya rangkum untuk anda:

1. Makan Makanan Yang Sehat

Untuk menghindari sakit peru, diwajibkan anda untuk memakan makanan yang sehat. Selain sehat juga pastikan bersih, dan masih segar. Selain itu, makanlah makanan yang telah dimasak hingga matang.

Hal ini dilakukan unutk mencegah anda mengalami sakit perut, diare, kram atau masalah lainnya. Jika anda senang akan makanan pedas atau asam, usahakan anda tidak memakannya secara berlebihan. Makanan yang dipercaya dapat mencegah bahkan meredakan sakit perut adalah buah dan sayur.

2. Olahraga

Banyak penelitan yang menyebutkan jika melatih otot perut bisa menurunkan resiko terkena skit perut. Selain itu, bila melatih otot perut ini dilakukan secara rutin, dapat membuat pikiran, tubuh menjadi lebih rileks dan segar.

Aerobic dan yoga juga bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan pencernaan anda. Jangan sampai anda melewatkan olahraga agar kesahatan tubuh selalu terjaga.

3. Hindari Stres

Masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sakit perut, kram, diare dll, juga bisa dipicu oleh kondisi stress. Terdapat penelitian yang menemukan fakta jika otak dan usus memiliki hubungan yang kuat dan saling mempengaruhi satu sama lainya.

Seperti contoh jika kondsi perut kosong hal ini akan berpengaruh pada sistem kerja otak yang berakibat pikiran kurang fokus. Dan bila orang sedang stress, sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga bisa terjdi sakit perut atau masalah perut lainnya. Jadi usahakan untuk segera relax, tenangkan pikiran,  menjauh dari kondisi stress agar perut anda kembali normal.

4. Daun peppermint

Selain pucuk daun jambu biji, daun peppermint juga bermanfaat untuk meredakan sakit perut. Mengkonsumsi daun pepermin ketika anda sedang sakit perut bisa meredakannya. Atau anda dapat mengoleskan minyak peppermint pada perut anda juga dipercaya dapat meredakan rasa sakit  perut, kram, diare dan iritasi pada usus.

Sekian 4 tips meredakan sakit perut tanpa obat-obatan. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment