Tuesday, August 18, 2015

Beberapa Tips Penting dalam Memilih Baju Anak



Baju anak – Apapun akan diberikan untuk anak. Demikian ungkapan yang sering kita dengar. Yap memang benar, di zaman modern ini, kebanyakan orang tua akan memberikan apapun, mulai dari kebutuhan primer, sekunder ..bahkan hingga kebutuhan yang tersier seperti gadget, mainan dsb.

Sebenarnya hal ini baik-baik saja apabila dalam pelaksanaannya dibarengi dengan pendidikan dan tentunya pemilihan kualitas barang yang bagus. Salah satu kebutuhan paling penting adalah pakaian, baju memang bukan hal yang besar bahkan baju merupakan barang yang harus dibeli dengan harga yang sangat beragam. Namun berbagai hal tercermin dari pakaian, mulai dari kepribadian, kerapihan kesopanan dan sebagainya.

Memilih pakaiannya sendiri tentu tidak bisa dilakukan anak-anak, sehingga orang tua harus benar benar memperhatikan cara berpakaian anaknya, karena apabila anak berpakaian rapih dan bersih menunjukan bahwa orang tuanya memiliki kepribadian yang baik, rapih dan bersih.

Memilih baju anak dapat disesuaikan dengan model pendidikan karakter yang ingin anda terapkan kepada anak anda.Apabila anda ingin anak anda nantinya menjadi anak yang soleh soleha, dan ingin nantinya anak anda menggunakan jilbab, anda dapat mengajarkan untuk berpakaian ala muslimah dan belajar menggunakan jilbab sejak usia dini.

Walau demikian, namun sebaiknya jangan terlalu memaksakan anak, apabila anak masih merasa risih menggunakan kerudung, maka tak perlu terlalu sering memakaikan baju anak jilbab, cukup sesekali saja. Juga perlu dipertimbangkanpilihlah pakaian sesuai dengan apa yang disukainya, karena dengan begitu anak merasa senang dan percaya diri dengan pakaian yang dikenakan. Salah satu alternatifnya anda dapat memilih pakaian dengan motif tokoh tokoh kartun kesukaan anak anda.

Jika anak anda berjenis kelamin laki-laki maka pilihlah baju baju motif kartun misalnya robot, superman, naruto dan lain lain. Apabila anak anda laki laki, jangan pernah memilih pakaian dengan motif atau kartun bernuansa wanita seperti barbie dan sebagainya, karena itu dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak.

Perlu diperhatikan, jika anak laki-laki menyukai pakaian bernuansa wanita, iniakan menjadi kebiasaan buruk dan bisa sangat bahaya apabila anak sudah tumbuh dewasa kelak. Begitu pula sebaliknya apabila anak anda perempuan, jangan biasakan menggunakan pakaian laki-laki. Sama halnya, ini juga tidak baik untuk perkembangan psikologisnya nanti.

Apabila terjadi demikian, jangan kaget jika anak perempuan anda akan suka berprilaku seperti laki laki. Itulah salah satu alasan pentingnya memilih baju anak yang sesuai dengan jenis kelamin dan kesukaannya..

Demikianlah beberapa tips penting dalam memilih dan membelikan baju anak yang semoga bisa menjadi informasi bermanfaat khususnya bagi para orang tua yang sibuk. Sampai jumpa lagi dalam artikel lain tentang dunia anak dan segala keunikannya, selamat melanjutkan aktivitas dan semoga keluarga anda bahagia selalu!

No comments:

Post a Comment